Entri Populer

Selasa, 20 Maret 2012

Contoh Perhitungan Perencanaan Geometrik Jalan


Asslamualkm, bagi teman yang lagi bingung "gimana sih cara ngerjain soal yang berhubungan dengan geometrik jalan".... Nah disini saya coba memberikan contoh perhitungannya..
Namun aangkah baik nya kalau kita mengulang lagi Apa itu Jalan.
Untuk membuat jalan ,diperlukan adanya perencanaan-perencanaan. Bentuk-bentuk perencanaan jalan ada banyak diantaranya : geometrik jalan, drainasi jalan, perkerasan jalan, pertemuan jalan, dan bangunan pelengkap. Nah diantara perencanaan tersebut yang pertama kali dirancang adalah geometri jalannya. Secara arti bahasa geometri mempunyai arti ilmu ukur atau pengukuran. Maka dari itu sebelum benar-benar membuat jalan, seorang engineer harus melakukan survey tempat terlebih dahulu dengan mencari elevasi tiap titik, dan sudut horizontal (aplikasi ilmu ukur tanah). Setelah data lapangan didapat, kemudian data tersebut dikonversi kedalam bentuk peta topografi.
Nah setelah setelah jadi tuh peta, kita udah bisa menganalisis dan merencanakan bagaimanakah bentuk jalan. Dari peta kita bisa tau secara geografis, tentang kelayakan atau tidaknya, mudah atau sukar pengerjaannya, mahal atau ekonomisnya biaya, terhadap daerah itu untuk dilalui jalan.
Secara logika sih jalan yang ideal itu jalan yang lurus,tidak banyak belokan. Dengan begitu jarak tempuh pun menjadi lebih dekat. Namun kenyataan dilapangan itu sulit untuk diwujudkan. Karena di alam sering kita temui obstacles seperti gunung, bukit, sungai, jurang. Hal itu yang memungkinkan bentuk jalan banyak berkelok-kelok.
Sebelum kita beranjak ke perencanaan geometrik jalan, alangkah baiknya kita mengetahui definisi dari jalan.
Menurut Undang Undang No. 13 Tahun 1980
jalan adalah suatu prasarana penghubung darat dalam bentuk apapun, tidak terbatas pada bentuk jalan yang konversional yaitu jalan pada permukaan tanah, akan tetapi juga jalan yang melintasi sungai besar/danau/laut, di bawah permukaan tanah dan air (terowongan) dan di atas permukaan tanah (jalan layang), meliputi segala bagian jalan termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperhitungkan bagi lalu lintas (kendaraan, orang atau hewan).
Contoh Perhitungan Perencanaan Geometrik Jalan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar